Aipda F. Akbar Himbau Warganya Untuk Tidak Membakar Lahan

Polres Landak - Polsek Air Besar, Aipda F. Akbar selaku Kanit Binmas Polsek Air Besar memberikan himbauan kepada warga pada saat ditemuinya untuk tidak melakukan pembakaran lahan disaat membuka lahan pertanian baru, Jumat (11/03/2022).

Dengan memberikan himbauan melalui banner kepada Warga setidaknya warga mengetahui dan mentaati apa yang telah diatur dalam undang-undang maupun Peraturan Bupati Landak terkait dengan Tata Cara membakar Lahan berbasis Kearifan Lokal. Jelasnya

Salah satu warga yang ditemui oleh Aipda F. Akbar Kiranya dapat memberikan masukan kepada warga lainnya untuk tidak melakukan kegiatan - kegiatan yang dapat melanggar hukum serta dapat membahayakan bagi dirinya maupun orang lain.

Disampaikan oleh Aipda F. Akbar, Ada Sangsi dan Tindakan hukumnya apabila seseorang melakukan pembakaran Lahan dengan sengaja yang mengakibatkan adanya kerugian bagi orang lain yang menyebabkan terganggunya pernafasan dan dampak buruk bagi warga masyarakat lainnya. Lanjutnya

Dimana telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup di Pasal 69 (1) huruf h berbunyi setiap orang dilarang melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar, dapat dipidana penjara paling singkat 3 (Tiga) Tahun dan paling lama 10 (Sepuluh) Tahun dengan denda paling sedikit 3 (Tiga) Miliar dan paling banyak 10 (Sepuluh) Miliar (Pasal 108). Tambahnya. 


Penulis : (Humas Polsek Air Besar Polres Landak).